PENGARUH ADANYA PELABUHAN TERHADAP KEMAJUAN EKONOMI SUATU NEGARA

Pelabuhan merupakan salah satu prasarana transportasi yang cukup penting bagi sebuah negara, terutama pada negara maritim seperti Indonesia sebab pelabuhan dapat membantu meningkatkan ekonomi negara. Dengan adanya pelabuhan maka kegiatan ekonomi suatu negara akan dapat menjadi lebih lancar, karena berdasarkan pada fakta yang ada pada beberapa negara, barang – barang ekspor impor sebagian besar dikirim melalui jalur laut (menggunakan kapal) yang berarti membutuhkan pelabuhan atau tempat untuk bertambat, meskipun rute perjalanan yang dituju dapat dilalui oleh alat transportasi lain. Hal tersebut dapat terjadi mengingat jumlah barang yang dapat diangkut oleh kapal lebih banyak dibandingkan dengan jumlah barang yang dapat diangkut oleh armada lain seperti pesawat (seperti contohnya kapal P. Guillaumat yang dapat mencapai 555.000 DWT (Bambang Triatmodjo, 1986)).

Dalam pengembangan bidang ekonomi, pelabuhan memiliki beberapa fungsi yang sama – sama dapat meningkatkan ekonomi suatu negara. Pelabuhan bukan hanya digunakan sebagai tempat merapat bagi sebuah kapal melainkan juga dapat berfungsi untuk tempat penyimpanan stok barang, seperti contohnya sebagai tempat penyimpanan cadangan minyak dan peti kemas (container), karena biasanya selain sebagai prasarana transportasi manusia pelabuhan juga kerap menjadi prasarana transportasi untuk barang – barang. Menurut R. Bintarto (1968),dalam segi kepentingan suatu daerah pelabuhan memiliki arti ekonomis yaitu karena pelabuhan mempunyai fungsi sebagai tempat ekspor impor dan kegiatan ekonomi lainnya yang saling berhubungan sebab akibat. Dengan adanya kegiatan di pelabuhan, maka keuntungan secara ekonomi yang langsung dapat dirasakan adalah terbukanya banyak lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, karena dalam segala bidang kegiatan di pelabuhan tenaga kerja manusia akan sangat dibutuhkan seperti contohnya tenaga kerja sebagai kuli (untuk mengangkat barang – barang), pengatur lalu lintas pelabuhan (terutama pengatur lalu lintas kendaraan yang akan masuk ke kapal), dan petugas kebersihan pelabuhan.

Selain itu pada PP no. 10 tahun 2012 dibahas peraturan – peraturan tentang perpajakan dan cukai, yang tentu saja dapat meningkatkan ekonomi Indonesia karena dengan semakin banyaknya kegiatan ekspor impor yang melalui pelabuhan maka pajak yang akan diterima oleh Indonesia juga akan semakin besar dan hal ini akan dapat menambah pendapatan negara. Dengan penambahan pendapatan negara, maka negara ini dapat memenuhi semua kebutuhan – kebutuhannya tanpa harus meminjam dari negara lain. Selain itu dengan semakin banyaknya pajak yang diterima oleh negara, pemerintah juga diharapkan dapat mengalokasikan pendapatan negara tersebut dengan baik, seperti contohnya menambah subsidi bahan pangan kepada masyarakat yang kurang mampu, pembangunan daerah yang tertinggal, dan subsidi pendidikan.

Tinjauan mengenai pengaruh pelabuhan terhadap perkembangan ekonomi suatu negara dijelaskan juga oleh Abdul Haris (2011) infrastruktur berpengaruh penting bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia, antara lain peningkatan nilai konsumsi, peningkatan produktivitas tenaga kerja, serta peningkatan kemakmuran masyarakat sekitar. Dengan adanya pelabuhan maka barang – barang dagang banyak masuk ke sebuah negara, hal ini juga bertujuan untuk memenuhi keinginan masyarakat untuk mengkonsumsi barang tersebut. Mengingat sekarang ini merupakan jaman pasar global, maka tingkat keinginan untuk mengkonsumsi barang – barang yang sedang menjadi trend-center pun meningkat, walaupun barang tersebut bukan berasal dari negaranya. Yang sering kali terjadi juga adalah setelah barang impor datang dan sudah diperjual belikan di suatu negara, masyarakat negara itu baru sadar bahwa barang yang sedang di perjual belikan tersebut adalah barang yang sedang menjadi trend-center, oleh karena itu tidak heran jika tiba – tiba permintaan masyarakat suatu negara terhadap suatu barang tiba – tiba sangat tinggi, dan hal itu secara tidak langsung meningkatkan nilai konsumsi masyarakat suatu negara.

Selain sebagai prasarana transportasi pelabuhan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata karena juga dapat membawa keuntungan baik bagi negara maupun masyarakat sekitar (Indriyanto, 2005). Didalam sejarah Indonesia selalu disebutkan bahwa para penjajah masuk ke Indonesia melalui pelabuhan. Di pelabuhan tersebut juga terjadi banyak kegiatan seperti kegiatan ekonomi dan politik (perang). Apabila kita dapat lebih melihat pelabuhan dari sisi historisnya juga, maka pelabuhan – pelabuhan jaman sekarang bisa di tambah lagi fungsinya sebagai tempat wisata yang mengangkat nilai – nilai historis. Apabila dikembangkan dengan baik maka dari sisi ini pelabuhan juga dapat menambah kemakmuran bagi masyarakat sekitar dan juga untuk negara.

Contoh salah satu negara yang dapat lebih berkembang dengan adanya pelabuhan adalah Indonesia. Menurut Soedjono Kramadibrata (1985), Pelabuhan Tanjung Priok tidak dapat beraktivitas dengan baik akibat fasilitas yang tersedia pada pelabuhan tersebut tidak sebanding dengan padatnya lalu lintas kapal yang bongkar muat di pelabuhan itu. Pada waktu itu pelabuhan Tanjung Priok adalah pelabuhan impor utama di Indonesia, dan apabila masalah fasilitas di pelabuhan tersebut tidak dapat segera diselesaikan dengan baik maka negara ini tentu akan mengalami banyak kerugian secara ekonomi. Oleh karena itu pembangunan fasilitas pelabuhan dimulai selama 5 tahun (1970-1985), dan  pada data yang ada pada saat masih baru dalam proses pembangunan yaitu pada 1970-1980, perkembangan kegiatan ekonomi (bongkar muat barang – barang impor) naik sebesar 8,77% per tahun.

Lebih lanjut lagi dijelaskan mengenai perkembangan ekonomi Indonesia pada saat ini yang dipengaruhi oleh prasarana transportasinya yaitu pelabuhan. Berikut ini adalah data – data perkembangan ekspor-impor Indonesia :

Tabel 1. Ringkasan Perkembangan Ekspor Indonesia

Sumber : BPS 2011

Tabel 2. Ringkasan Perkembangan Impor Indonesia

Sumber : BPS 2011

Dari kedua tabel diatas dapat dilihat bahwa ekspor impor Indonesia meningkat, dan barang – barang yang dieskpor dan diimpor tersebut merupakan barang – barang yang biasa diangkut dengan kapal karena biasanya pengiriman barang – barang tersebut dilakukan dengan jumlah yang besar. Dengan data tersebut dapat diperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sisi ekspor impor barang akan berkembang bila prasarana pelabuhan juga dikembangkan.

Gambar 1. Pola Pergerakan Kontainer Ekspor-Impor Indonesia 2007

Sumber : Kementerian Perhubungan, 2007

Dari gambar diatas dapat terlihat bahwa banyak negara  dari seluruh benua masih membutuhkan ekspor barang dari Indonesia, dan juga sebaliknya Indonesia juga membutuhkan barang – barang impor dari negara – negara lain. Menurut data BPS pada tahun 2010 volume impor di Indonesia adalah 110.701,01 ribu ton, sedangkan volume ekspor di Indonesia adalah 476.209,41 ribu ton. Oleh karena itu, pelabuhan – pelabuhan di Indonesia harus dikelola dengan baik karena fungsinya yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia.

Gambar 2. Pola Spasial Pemenuhan Permintaan Antara Lokal, Antar Propinsi dan Impor

Dari gambar tesebut terlihat bahwa angkutan penyeberangan (kapal) beserta prasarananya yaitu pelabuhan, sangat dibutuhkan oleh Indonesia untuk memajukkan perekonomiannya. Sebagai negara kepulauan peranan pelabuhan dalam pergerakan aliran barang di dalam negeri memegang peranan penting tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, tetapi juga sebagai wahana untuk mengantarkan hasil produksi pertanian, pertambangan dan industri agar dapat digunakan dan dipasarkan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dan dibawah ini adalah grafik perkembangan penggunaan jasa transportasi air di Indonesia.

Grafik 1. Produksi Penumpang, Barang dan KendaraanYang diangkut oleh Angkutan Penyeberangan

*Direktorat LLASDP, Ditjen Hubdar, Desember 2009

Lalu lintas kontainer melalui pelabuhan yang dikelola oleh PT. Pelabuhan Indonesia I-IV pada tahun 2007 mencapat 7,6 (tujuh koma enam) juta TEUs. Jumlah ini meliputi kegiatan kargo internasional dan kargo dalam negeri. Tabel 2.11 berikut menunjukkan tren pertumbuhan se Indonesia hampir 6% (enam persen) dari volume kontainer yang ditangani oleh PT. Pelabuhan Indonesia dari tahun 2003–2007. Volume ini akan meningkat karena menurut studi ASEAN tahun 1999 dalam kurun waktu 15 tahun mendatang, diperkirakan kenaikan lalu lintas angkutan barang melalui kontainer sebesar 3 (tiga) kali lipat, non kontainer 2 (dua) kali lipat, angkutan udara 5 (lima) kali lipat, dan volume perdagangan antar negara ASEAN sebesar 20–30% (dua puluh sampai tiga puluh) dalam kurun waktu 15 tahun mendatang.

Oleh karena itu, berdasarkan data – data yang telah di jelasakan pelabuhan sangat bermanfaat bagi pekembangan ekonomi suatu negara. Dampak langsungnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat sekitar yaitu dengan terbukanya lapangan pekerjaan bagi mereka sehingga kehidupan mereka bisa menjadi lebih sejahtera, sedangkan dampak ekonomi yang dirasakan oleh negara yaitu angka pengangguran menjadi berkurang sehingga produktivitas masyarakatnya menjadi bertambah (subsidi/pengeluaran negara untuk orang yang kurang mampu menjadi berkurang) dan pendapatan negara bertambah (pajak, cukai, dan pariwisata).

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Haris, Kasubdit Pertanahan – Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan, Bappenas, 2011

Badan Pusat Statistik, 2011

Direktorat LLASDP, Ditjen Hubdar, Desember 2009

Indriyanto, Peran Pelabuhan Dalam Menciptakan Peluang Usaha Pariwisata, (Makalah Pengabdian Masyarakat, UNDIP 2005)

Kementerian Perhubungan, 2007

Kramadibrata, Soedjono, Perencanaan Pelabuhan,1985, Ganeca Exact : Bandung

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Perlakuan Kepabean, Perpajakan, dan Cukai Serta Tata Laksana Pemasukan dan Pengeluaran Barang  ke dan dari serta  Di Kawasan Yang Telah Ditetapkan Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas

R. Bintarto, Beberapa Aspek Geografi , (Yogyakarta: Penerbit Karya, 1968), hlm. 33.

Triatmodjo, Bambang, Pelabuhan, 2008, Beta Ofset : Yogyakarta

About these ads

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s